Aki merupakan komponen vital pada kendaraan, keberadaan aki merupakan sumber listrik utama yang nantinya akan dialirkan ke seluruh komponen pada kendaraan yang membutuhkan listrik.

Aki mobil sendiri terdapat dua jenis yaitu aki kering dan aki basah, keduanya memiliki fungsi yang sama dan sama-sama tidak boleh luput untuk selalu diperiksa kelayakan pakainya.

Pasalnya, jika aki mulai soak atau rusak bukan hanya mobil jadi tidak bisa berfungsi dengan baik, kendaraan Anda pun bisa mati total.

Aki mobil yang mulai soak sangat mudah dideteksi, bahkan pada kondisi tertentu dengan kasat mata saja Anda bisa mengetahui apakah aki mobil Anda masih layak pakai atau harus diganti.

Berikut adalah ciri-ciri yang biasa terjadi ketika aki mobil mulai soak.

Mesin sulit menyala

Fungsi utama aki tentunya agar bisa mengalirkan listrik ke sistem agar mesin bisa hidup.

Namun jika aliran listrik pada aki mulai melemah tentunya aki tidak akan punya daya untuk mendorong mesin bisa menyala.

Pada kondisi tertentu mungkin mobil masih bisa untuk distarter, tapi mesin cenderung lama atau gagal untuk dihidupkan.

Atau dalam kondisi yang lebih parah, mobil bisa saja berjalan normal dan tiba-tiba mesin mati begitu saja dan tidak bisa distarter lagi.

Ini merupakan ciri-ciri yang biasa terjadi yang mengharuskan Anda segera memperbaiki atau mengganti aki mobil dengan yang baru karena aki mobil Anda sudah soak.

Suara klakson lemah

Klakson merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang tak boleh disepelekan.

Sistem klakson pada mobil juga mengambil arus listrik dari aki, sehingga jika tiba-tiba suara klakson melemah atau bahkan mati tanpa sebab segera periksa aki mobil Anda.

Sebab bisa jadi masalah sesungguhnya bukan pada tombol atau kerusakan klakson itu sendiri, tapi daya listrik pada aki yang tak lagi bisa mendorong sistem klakson agar bekerja lebih maksimal.

Lampu mobil jadi redup

Ketika lampu mobil saat dinyalakan tidak seterang biasanya, tentu Anda harus mengecek apakah lampu mobil sudah melewati usia batas pakai.

Namun lampu mobil yang tiba-tiba jadi redup, bisa jadi disebabkan oleh aki mobil yang mulai melemah dan perlu segera diganti.

Hal ini tentunya perlu perhatian khusus dari Anda sebab lampu mobil yang tidak berfungsi maksimal tentunya bisa membahayakan keselamatan bagi pengguna jalan yang lain dan pengemudi mobil itu sendiri terutama pada kondisi jalan yang mulai gelap, hujan lebat atau cuaca berkabut.

Tegangan listrik berkurang

Ciri lain dari aki mobil yang soak juga bisa dideteksi dari angka tegangan listrik yang dimilikinya.

Karena berbeda dengan ciri-ciri sebelumnya yang mudah dideteksi hanya dengan melihat kondisi mobilnya saja, untuk mendeteksi tegangan listrik pada aki Anda harus menggunakan alat load tester atau cranking.

Biasanya aki mobil pada kondisi normal memiliki tegangan sebesar 12,4 volt hingga 13-14 volt, jadi jika angka tegangan aki mobil menunjukkan di bawah 10 sudah bisa dipastikan aki mobil sudah soak dan harus diganti.

Sudah kadaluarsa

Selain ciri-ciri pada kondisi komponen mobil dan juga tegangan listrik pada aki, untuk mengetahui apakah aki mobil Anda sudah soak dan harus diganti Anda bisa mengecek tanggal kadaluarsanya.

Biasanya aki yang saat ini beredar di pasaran memiliki usia pakai selama 2 tahun dan setiap pabrikan aki memiliki kode tersendiri yang tertera pada bagian aki.

Kode ini merupakan penanda kapan aki mobil tersebut diproduksi. Tentunya, jika Anda mengecek tahun produksi aki dan mendapati usia pakainya telah terlewat jauh, inilah saatnya Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Begitu pentingnya keberadaan aki mobil, karenanya Anda harus selalu menjaganya agar tetap terawat dan awet. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar aki tetap sehat dan berumur lebih lama.

Selalu panaskan mobil yang jarang digunakan

Banyak orang mengira bila mobil tidak dinyalakan maka dapat menjaga kualitas aki tetap prima.

Nyatanya mobil yang jarang digunakan maupun dipanaskan dapat merusak komponen arus aki yang seharusnya bertugas sebagai media aliran listrik.

Saat mobil dinyalakan kembali setelah sekian lama tidak dinyalakan, kondisi aki cenderung akan melemah. Berbenturan dengan komponen arus yang telah aus, sehingga arus listrik yang akan dialirkan tidak optimal.

Bila sudah begini, kemungkinan aki soak bahkan mati total hanya menunggu hitungan minggu saja. Mobil yang jarang dipanaskan juga bisa menjadi salah satu penyebab aki mobil tekor.

Ekstra hati-hati dan jangan lalai memeriksa komponen kelistrikan mobil

Sifat lalai seperti membiarkan tape audio tetap menyala, menyalakan lampu dalam mobil padahal tidak dibutuhkan, maupun charger handphone yang masih menempel pada cigarette lighter dapat mempersingkat usia pakai aki mobil kamu.

Rutin memeriksa di bengkel resmi Suzuki

Agar aki selalu terjaga kondisinya, lakukan pengecekan rutin pada aki mobil.

Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau servis aki mobil di bengkel resmi Suzuki.

Tim teknisi yang profesional akan dengan senang hati memberikan pelayanan terbaik untuk Anda. Klik https://www.suzuki.co.id/dealers untuk cari tahu dealer resmi Suzuki terdekat di kota Anda.

Rate this post