Aki GS vs Yuasa sekilas membuat orang menjadi bingung mengenai perbedaan keduanya sekalipun baik GS maupun Yuasa sama-sama merupakan aki. Kedua jenis aki ini bahkan sama-sama memiliki kualitas yang baik untuk digunakan pada motor kesayangan Anda. Kedua jenis aki ini juga dapat berfungsi secara maksimal untuk kendaraan motor Anda. Tak heran bila aki GS vs Yuasa sama-sama banyak diminati orang terutama para pemilik kendaraan motor. Namun bagi Anda yang benar-benar ingin mengetahui perbedaan kedua merek ini secara jelas maka Anda bisa simak ulasan dan penjelasan di bawah ini. 

Harga Aki GS VS Yuasa

Salah satu perbedaan utama yang sangat tampak pada aki bermerek GS dan Yuasa adalah harganya. Umumnya harga aki GS disebut lebih mahal jika dibandingkan dengan aki Yuasa. Sebenarnya harga aki GS bisa berbeda antara varian yang satu dengan varian yang lainnya. Jadi mahal atau tidaknya aki GS bergantung pada jenis atau varian aki yang dipilih oleh pemilik atau pengguna motor. 

Baca juga : Peralatan Bengkel Sepeda MTB

Berbeda dengan aki GS rupanya aki Yuasa dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah. Jadi pembelian aki ini juga bisa didasarkan pada budget yang tersedia. Jika memang Anda merasa bahwa aki Yuasa saja sudah cukup untuk digunakan pada kendaraan Anda maka pilihlah aki tersbeut. Sedangkan bila aki GS dirasa perlu Anda gunakan maka pilihlah aki GS tersebut. 

Karakter Air Aki GS VS Yuasa

Di samping harganya rupanya perbedaan antara aki GS vs Yuasa juga bisa dilihat dari karakter air yang terdapat di dalamnya. Sesuai dengan harganya maka aki GS disebut memiliki warna yang cenderung bening. Aki GS memang memiliki sifat bebas karat sehingga aki ini akan selalu tampak bening. Tentu saja warna bening ini lebih banyak disuka oleh para pemilik motor. Sedangkan aki Yuasa lama-kelamaan akan mengeruh terutama jika digunakan dalam waktu yang terbilang cukup lama. Hal inilah yang membuat aki Yuasa tampak lebih kotor jika dibandingkan dengan aki GS.

Baca juga : Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Penggantian Air Aki GS VS Yuasa

Hal lain yang juga dapat dijadikan pembeda utama dari aki GS vs Yuasa adalah penggantian air aki. Rupanya aki GS yang selalu bening membuat pemilik motor tidak bisa tahu persis mengenai kondisinya. Bahkan aki ini tidak diketahui secara pasti apakah masih bisa dipakai ataukah tidak dan harus diganti. Dalam hal ini pemilik motor tentu harus membuat jadwal agar bisa melakukan penggantian air aki tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan. Berbeda dengan aki Yuasa yang akan tampak keruh jika sudah lama dipakai. Keruhnya aki Yuasa setelah lama dipakai bisa memberikan tanda pada Anda bahwa Anda harus menggantinya. 

Aki GS vs Yuasa dengan segala macam perbedaanya yang rinci mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk Anda sekalian dalam memilih produk aki yang paling tepat. Seluruh perbedaan mulai dari harga dan karakter air serta penggantian air aki yang ada pada kedua aki tersebut tentu bisa menjadi hal khusus bagi Anda untuk memilih produk yang sesuai. Sekalipun sebenarnya kedua aki ini adalah sama jika dilihat dari segi kualitas dan kegunaannya. Mungkin yang membuatnya berbeda adalah cara penggunaan dan cara perawatannya saja. Jadi Anda bisa memilih produk yang sekiranya memang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Pemilihan aki juga bisa dilakukan dengan melihat kembali jenis motor Anda.

5/5 - (1 vote)