Banyak orang masih ragu dengan sistem jual beli kendaraan secara kredit karena dianggap masih mengandung unsur riba dalam setiap cicilannya.

Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir jika ingin membeli mobil baru atau bekas yang aman dari unsur riba, pilih saja kredit mobil syariah tanpa DP.

Sistem kredit mobil syariah tanpa DP ini menjadi sebuah kelebihan Anda agar bisa tetap memiliki mobil tanpa harus terbebani psikis riba dan setelah masa tanggungan selesai. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pihak leasing tentang syarat bayar pajak mobil.

Pengertian kredit mobil syariah tanpa DP

Kita tahu bahwa harga mobil baru atau bekas bagus sangat mahal dan memang kebutuhan mobil bisa dianggarkan ketika kita ada uang lebih. Untuk memiliki mobil agar bisa mencakup semua anggaran keuangan ya hanya dengan kredit atau cicilan selama beberapa tahun dengan 2 sistem DP dan non DP.

Untuk sistem DP, Anda cukup bayar uang jumlah tertentu di awal sebagai tanda jadi kemudian bulan selanjutnya Anda angsur dengan jumlah yang lebih ringan hingga capai batas waktu tertentu.

Untuk sistem non DP, Anda tidak perlu membayar sejumlah uang atau nol rupiah di awal pembelian tetapi bulan berikutnya jumlah angsuran lebih besar daripada angsuran dengan DP.

Jika Anda memilih kredit syariah non DP maka dalam angsuran bulanan tidak mengandung suku bunga tinggi yang memberatkan tetapi bagi hasil. Keuntungan yang diambil akan dibagi dalam setiap bulan angsuran selama masa waktu tertentu.

Jadi, Anda akan tetap merasa nyaman dan yakin bahwa membeli mobil dengan cara kredit syariah tidak mengandung unsur riba.

Kelebihan dari sistem kredit mobil syariah tanpa DP

Saat terlambat membayar angsuran tidak didenda

Perusahaan kredit mobil tentunya memberikan sanksi kepada pihak konsumen yang telat membayar angsuran bulanan, ini untuk perusahaan konvensional sedangkan untuk perusahaan basis syariah tidak demikian.

Mereka memberikan kebijakan lain dengan membayar sejumlah uang yang akan disetorkan ke lembaga sosial seperti lembaga kaum dhuafa atau panti asuhan. Jadi, setiap kali Anda telat membayar maka risikonya denda tadi akan diberikan ke lembaga, itung-itung Anda juga bisa beramal.

Angsuran stabil

Angsuran stabil karena di awal perjanjian telah jelas bahwa keuntungan dan bagi hasilnya sesuai kendati suku bunga di perusahaan konvensional naik. Misalnya, angsuran awal Rp1,5 juta maka selama tenor tertentu tidak mengalami perubahan.

Berbeda dengan angsuran kredit biasa, suku bunganya naik setiap kali ada perubahan dari pusatnya. Maka hal inilah yang terkadang kurang disukai oleh beberapa orang yang mengambil kredit mobil.

Sumber dana halal

Sumber dana untuk kredit berasal dari bank syariah yang sejatinya tidak mengandung suku bunga. Sehingga kehalalannya juga tidak diragukan lagi. Saat ini setiap orang ingin membeli mobil tidak hanya sebagai kendaraan saja tetapi juga untuk bisnis.

Misalnya, travel atau carteran, dengan kredit tentu akan membantu Anda dalam kelancaran bisnis tersebut. Setiap bulan Anda tetap bisa mencicil dan mobil bisa digunakan untuk operasional.

Skema kredit mobil syariah tanpa DP

Skema kredit syariah tanpa DP dimulai dari saat awal Anda ingin membeli sebuah mobil dengan harga tertentu kemudian pihak leasingnya transparansi mengenai sejumlah uang keuntungan, besarnya cicilan dan jumlah uang ketika Anda terlambat membayar angsuran.

Misalnya, Anda membeli mobil seharga Rp120 juta dan mengarahkan pihak leasing untuk mengurus semua hal tersebut. Pihak leasing akan menjelaskan seberapa banyak keuntungan, dan untuk apa saja keuntungan tersebut.

Jika keuntungannya Rp25 juta maka akan dijelaskan di depan konsumen beserta jumlah cicilan misalnya per bulan Rp2 juta. Jadi, total biaya yang harus Anda bayarkan stabil Rp145 juta selama waktu tertentu.

Kredit mobil syariah tanpa DP ini dijamin lebih bermanfaat, semua transparan dan tidak ada paksaan suku bunga. Kredit syariah tersebut tidak hanya berlaku untuk perusahaan menjual mobil baru saja tapi juga mobil bekas seperti baru.

Untuk syarat dan ketentuan pengajuan kredit syariah sama dengan pengajuan kredit konvensional. Semoga informasi ini bermanfaat!

5/5 - (1 vote)