Cara memperbaiki aki sepeda listrik jika sudah biasa dilakukan sebenarnya tidaklah serumit yang dibayangkan. Aki sendiri pada dasarnya memiliki fungsi bukan hanya untuk proses starter saja. Namun aki ini juga berfungsi untuk menyuplai energi termasuk pada sepeda listrik. 

Namun aki pada sepeda listrik bisa saja mengalami kerusakan karena berbagai macam faktor penyebab. Bahkan ada pula sepeda listrik yang ternyata memiliki aki cepat rusak. Bila aki sudah rusak tentunya masih saja ada kemungkinan bagi aki ini untuk diperbaiki yaiu dengan berbagai langkah atau tahapan berikut. 

Persiapkan alat penting

Aki sepeda listrik yang mengalami kerusakan tentunya masih bisa diperbaiki agar bisa berfungsi kembali. Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk dapat memperbaikinya adalah menyediakan beberapa alat penting yang nantinya akan digunakan untuk memperbaiki aki tersebut.

Baca juga : Oli Terbaik Untuk Motor Matic Injeksi

Anda bisa mempersiapkan dua macam alat utama untuk memperbaiki aki sepeda. Kedua alat ini adalah kabel merah dan multimeter. Pastikan bahwa kedua alat ini tersedia di depan Anda sebelum mulai melakukan perbaikan terhadap aki sepeda listrik Anda yang rusak. 

Bongkar aki di dalam box

Jika kabel merah dan multimeter telah tersedia dan telah siap di depan Anda maka selanjutnya Anda bisa melakukan proses pembongkaran aki. Cara memperbaiki aki sepeda listrik yaitu dengan membongkar aki untuk yang pertama-tama adalah dengan mengambil box baterai yang ada di dalam sepeda listrik. Kemudian Anda bisa mencopot baut yang ada pada box baterai tersebut secara satu per satu. Jika box telah terbuka nantinya Anda bisa melihat adanya aki di dalam box sepeda tersebut. Umumnya sebuah sepeda listrik di dalamnya terdapat tiga sampai dengan empat buah aki. 

Cek tegangan aki

Aki yang telah tampak di dalam box sepeda kemudian bisa dikeluarkan untuk dicek. Jadi Anda bisa melakukan proses pengecekan terhadap aki tersebut secara satu per satu. Pengecekannya bisa dilakukan dengan menggunakan alat multimeter. Untuk melakukan pengecekan sebelumnya lihat terlebih dahulu dengan pasti mengenai tegangan aki.

Baca juga : Aki GS VS Yuasa

Jika memang tegangan aki kurang dari 12 volt maka Anda bisa melakukan charging aki terlebih dahulu. Namun jika ternyata tegangan aki di atas 12 volt tentunya Anda bisa mencari tahu mengenai kondisi aki tersebut apakah aki rusak atau tidak. Pengecekan bisa dilakukan dengan menggunakan multimeter. Dengan demikian hal ini dapat menjadi cara memperbaiki aki sepeda listrik yang tepat. 

Lihat hasil cek

Untuk mengetahui kondisi aki tentu Anda harus tahu secara pasti mengenai hasil cek yang telah dilakukan. Jika memang pengecekan yang dilakukan dengan menggunakan mutimeter menunjukkan jarum di bawah angka 12 voltase atau bahkan sampai 0 voltase maka pastinya aki tersebut mengalami kerusakan.

Cara memperbaiki aki sepeda listrik seperti di atas bisa menjadi pegangan untuk Anda sekalian terutama bagi Anda yang memiliki sepeda listrik dan sering menggunakannya. Tentunya aki pada sepeda listrik yang rusak bisa segera diperbaiki agar Anda bisa tetap menggunakan kendaraan Anda tersebut dengan baik. Akan menjadi lebih baik lagi jika kerusakan aki pada sepeda listrik bsia dicegah. Misalnya dengan memakainya secara disiplin sehingga aki tidak cepat rusak. Pemakaian aki juga sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan sehingga aki tidak mudah rusak. Namun jika aki memang sudah rusak maka Anda bisa segera memperbaikinya dengan berbagai langkah di atas.

5/5 - (1 vote)