Cara pasang relay klakson mobil harus sesuai agar nantinya klakson dapat berfungsi dengan baik. Klakson mungkin sudah banyak diketahui orang sebab klakson ini seringkali dibunyikan terutama saat harus memberi isyarat pada pengendara lainnya. Bukan hanya itu juga namun klakson juga seringkali dibunyikan sebagai pemberi tanda bahaya. 

Klakson bisa bunyi karena adanya relay klakson yang dipasang dengan fungsi sebagai penghubung antara arus listrik mobil dengan baterai pada mobil. Relay ini nantinya juga akan memutus beban arus yang besar khususnya pada bagian listrik mobil. Maka pemasangan relay ini haruslah benar dan jangan sampai salah. Untuk dapat memasangnya dengan baik maka Anda bisa memasangnya dengan cara seperti ini. 

Persiapkan peralatan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam cara pasang relay klakson mobil adalah mempersiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan. Beberapa peralatan yang dibutuhkan misalnya saja seperti socket relay dan fuse box atau kotak sekering. Lalu Anda juga pasti memerlukan ring terminal berukuran 10 mm dan juga terminal konektor relay. 

Serta yang tak boleh sampai dilupakan adalah kabel serabut tebal berukuran diameter 5 mm dan juga terminal konektor yangs esuai dengan beban arus mobil. Keseluruh peralatan harus telah dipersiapkan dengan baik agar nantinya pemasangan relay klakson pada mobil bisa berjalan dengan lancar.

Pilih cara tepat

Jika Anda sudah mempersiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan maka Anda bsia segera melakukan pemasangan relay klakson. Cara memasang relay klakson haruslah dilakukan dengan tepat. Pada sistem kelistrikan relay umumnya terdapat kabel. Jumlah kabel bergantung pada jenis sistem tegangannya.

Sistem kelistrikan relay sendiri pada dasarnya terbagi menjadi dua yaitu sistem tegangan negatif dan juga sistem tegangan positif. Kabel yang ada pada relay inilah yang nantinya akan menjadi penghubung ke bagian saklar control dan juga ke bagian ground. 

Baca Juga: 5 Peralatan Bengkel Sepeda MTB

Sistem tegangan negatif

Relay dengan sistem tegangan negatif umumnya terdiri dari dua kabel. Sedangkan komponen relay sendiri terdiri dari beberapa terminal yang mencakup kaki relay nomor 30 dan nomer 85 serta ada pula yang nomor 86 dan juga nomor 87. Anda bisa memasangkan relay kaki nomor 30 dengan aki yang bagian positif. 

Sedangkan kabel penghubung yang nantinya digunakan untuk memasangkan kaki relay dengan aki sudah seharusnya lebih tebal. Lalu kaki nomor 87 bisa dipasangkan dengan sumbu positif yang terdapat pada klakson. Untuk kabel penghubungnya biasanya berukuran sedang atau bisa juga tebal. Sedangkan kaki relay nomor 85 dan 85 pada setiap kabel klakson bisa dipasang dengan sesuka hati. 

Sistem tegangan positif

Untuk cara pasang relay klakson mobil dengan sistem tegangan positif sebenarnya secara teknis pemasangannya sama saja dengan sistem tegangan negatif. Untuk kaki relay nomor 30 bisa dipasangkan ke sumbu positif pada aki sedangkan kaki relay nomor 87 dipasangkan ke sumbu positif yang ada pada klakson. Untuk kaki relay nomer 85 dan nomor 86 masing-masing bisa dipasangkan ke salah satu kabel dari klakson. Posisi kaki relay sebenarnya bisa saja berbeda-beda dan hal ini bergantung pada merek relay. 

Cara pasang relay klakson mobil seperti di atas bisa Anda terapkan agar pemasangan relay ini berhasil. Maka nantinya relay dapat bekerja secara maksimal sesuai dengan fungsinya. Nantinya klakson dapat menghasilkan bunyi yang sesuai harapan saat ditekan karena pemasangan relay yang benar. 

Rate this post