Sebelum membangun sebuah bangunan, perlu adanya struktur bangunan yang sangat penting untuk berdirinya suatu bangunan. Adanya sebuah struktur akan membantu suatu bangunan untuk dapat berdiri kokoh dan kuat untuk waktu yang sangat lama. Jika Anda masih bingung, lebih baik baca informasinya berikut ini.

Definisi Struktur Bangunan

Struktur bangunan adalah suatu elemen atau bagian yang menjadi pokok penting dalam berdirinya suatu bangunan. Sebelum membangun rumah, hotel, apartemen, gedung atau bangunan lainnya, struktur ini pasti ada dan sudah menjadi keharusan. Struktur ini akan melengkapi struktur lainnya yang ada pada bagian interior rumah.

Sebelum melakukan suatu pembangunan rumah atau bangunan lainnya, harus direncanakan sebaik mungkin. Apalagi jika untuk pembangunan gedung bertingkat tinggi, perencanaannya harus matang dan tidak sampai melakukan kesalahan yang dapat berakibat fatal.

Struktur suatu bangunan terbagi menjadi dua jenis, yaitu struktur bagian atas dan bawah. Mungkin, ada juga yang membaginya menjadi tiga jenis, sesuai dengan kebutuhan.

Struktur atas bangunan merupakan komponen yang ada di atas tanah. Sementara struktur bawah adalah komponen yang ada di permukaan dan bagian bawah tanah.

Struktur pada sebuah bangunan bagian bawah mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan serta memikul beban yang ada di atasnya. Selain itu, bagian ini pun harus sudah terdapat pondasi dan juga struktur basement.

Komponen Struktur Bangunan

Setelah memahami apa itu struktur suatu bangunan, maka selanjutnya adalah mengetahui komponen-komponennya. Di bawah ini terdapat beberapa komponen penyusun setruktur bangunan yang perlu diketahui.

Baca Juga: 4 Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Kolom

Pertama adalah kolom. Kolom memiliki fungsi yang sangat krusial yang berfungsi sebagai penerus beban dari permukaan langsung ke pondasi. Adanya kolom akan mempertahankan rumah dari adanya tiupan angin yang kencang. Selain itu juga dapat menahan beban bangunan beserta isinya sehingga bangunan tidak mudah roboh.

Balok

Komponen kedua yaitu balok. Apabila kolom diposisikan vertikal ke atas, maka untuk balok sebaliknya. Balok diposisikan horizontal. Balok mempunyai fungsi sebagai dudukan lantai dan juga sebagai pengikat kolom lantai bagian atas.

Atap

Komponen yang satu ini sudah pasti ada di setiap bangunan, dan tidak mungkin tidak ada. Atap dibuat dengan menyesuaikan daerah tempat tinggal. Pembuatan atap harus direncanakan dengan baik dengan memperhatikan luas area, bentuk dan juga konstruksi yang diinginkan.

Plat Lantai

Plat lantai menjadi salah satu komponen struktur bangunan yang perlu diperhatikan. Komponen yang satu ini letaknya tidak terletak di atas tanah secara langsung. Melainkan disusun dari balok yang bertumpu pada kolom bangunan.

Bahan plat lantai sangat beragam, diantaranya terbuat dari kayu, beton, atau semen. Sementara itu, sistem plat lantai terbagi menjadi dua yaitu plat satu sistem dan juga pelat dua arah.

Tangga

Tangga menjadi suatu komponen yang penting dalam struktur bangunan, terutama bangunan tingkat. Tangga memiliki fungsi sebagai penghubung dari lantai 1 ke lantai 2 dan seterusnya. Bentuk tangga pun bermacam-macam, ada yang lurus biasa, spiral, melayang dan sebagainya.

Pondasi

Pondasi merupakan salah satu bagian dari komponen struktur suatu bangunan yang memiliki fungsi sebagai penahan beban. Beban yang diterima oleh pondasi akan diteruskan ke bawah tanah. Pondasi yang dibuat sebelum membangun rumah haruslah kuat dan kokoh, agar terhindar dari bangunan yang dapat roboh.

Galian Tanah

Galian tanah akan terhubung secara langsung ke bagian penting di tanah seperti sisa-sisa pondasi bangunan lama, ataupun akar pohon. Apabila terdapat saluran air, pipa pembuangan, kabel listrik dan sebagainya, sebaiknya langsung laporkan pada kontraktor.

Mengapa harus dilaporkan ke kontraktor? Karena dalam suatu pembangunan, seorang kontraktor yang memegang tanggung jawab atas bangunan yang sedang dibuat. Kontraktor harus mengetahui seluk beluk yang terjadi pada lokasi pembangunan dan saat melakukan pembangunan rumah.

Struktur Basement

Komponen struktur basement biasanya digunakan pada lahan yang cukup terbatas. Oleh sebab itu, penting untuk memperkirakan beban dan metode galian yang tepat untuk menghindari masalah di kemudian hari. Jika terjadi kesalahan, akan berakibat fatal pada rumah yang dihuni.

Kuda-Kuda

Kuda-kuda mempunyai fungsi sebagai penyangga utama dari struktur pada bagian atap suatu bangunan. Secara umum, kuda-kuda terbuat dari bahan kayu, bambu, ataupun baja. Untuk kuda-kuda baja, ada yang dari baja konvensional atau baja ringan.

Tidak hanya itu saja, kuda-kuda ada juga rupanya yang terbuat dari pasangan bata. Selain itu, ada juga yang terbuat dari kanal atau siku yang merupakan masih bagian dari baja konvensional.

Kini Anda sudah mengetahui definisi dan komponen struktur bangunan sebelum membangun rumah. Sebelum membangun rumah, harus memperhatikan komponen-komponen yang telah disebutkan diatas agar bangunan rumah nantinya kuat dan kokoh.

Temukan berbagai pilihan kebutuhan pembangunan dalam pemilihan struktur bangunan yang baik untuk rumah terbaik Anda di 1000saudara.com. Ada berbagai pilihan lainnya yang menarik sesuai dengan selera dan kepribadian Anda.  Klik di sini untuk mendapatkan produk yang berkualitas sesuai kebutuhan Anda.

5/5 - (1 vote)