Maraknya media sosial sebagai kanal publikasi mutakhir membawa tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Melalui Workshop Digital Marketing, ASUS Business Indonesia berusaha menjawab tantangan tersebut. 

Dunia Internet Semakin Sesak 

Saat ini, berbagai layanan dan media online memberikan berbagai peluang bisnis. Mulai dari kehadiran media sosial, maraknya toko online, munculnya layanan kurir, sistem pembayaran baru, dan mash banyak lagi. 

Walau ada banyak sarana untuk menjalankan bisnis, namun seringkali pelaku bisnis — terutama yang baru terjun atau masih terhitung kecil — seringkali belum paham atau lupa apa saja yang menjadi dasar. 

Mereka sekedar mengikuti tren tanpa memperhatikan garis besar proses marketing itu sendiri. Mereka juga lupa belajar dari brand yang sudah lebih dulu mapan. 

Sebagai contoh, ketika TikTok sedang ramai, mereka sekedar ikut serta membuat posting video. Namun mereka tidak memperhitungkan bagaimana calon konsumen memandang bisnis mereka atau bagaimana calon konsumen bisa mengenali dan percaya pada bisnis mereka. 

Sebagai akibatnya, produk atau jasa yang mereka tawarkan tidak tampil menonjol di dunia internet. Apalagi jika ada banyak kompetitor di bidang bisnis mereka. 

Solusi Jitu dari Workshop ASUS Business 

ASUS Business Indonesia memberikan solusi pada pelaku bisnis dan UMKM. Mereka menghadirkan seorang digital marketer yang sudah berpengalaman selama 15 tahun di bidang ini sebagai narasumber. 

Acara Workshop Digital Marketing ini sendiri terselenggara pada tanggal 22 Juni 2022, di Surabaya. Ada 30 peserta terpilih yang menghadiri acara ini. 

Sesi pertama workshop menghadirkan Muhammad Firman selaku Head PR ASUS Business Indonesia. Beliau membahas bagaimana sepak terjang ASUS Business membantu dunia bisnis sehubungan dengan perkembangan teknologi.  

Muhammad Firman, Head PR ASUS Indonesia
Muhammad Firman, Head PR ASUS Indonesia

Mas Firman juga memperkenalkan beberapa lini laptop bisnis ASUS Expertbook sebagai solusi perangkat yang tepat. Terutama karena memiliki keunggulan mobilitas, keamanan, sesuai standar industri, dan teknologi terbaru. 

Sesi kedua menghadirkan Afit Husni. Ia adalah seorang digital marketer yang juga sudah menelurkan beberapa start-up, sampai disebut sebagai serial founder

Mas Afit membahas apa saja yang penting bagi pelaku bisnis agar mereka bisa lebih mudah dikenali, dipercaya, dan mencapai calon konsumen secara optimal. Bahkan ketika si pelaku bisnis ini tidur.  

Afit Husni Karim, CEO Urbandigital
Afit Husni Karim, CEO Urbandigital

Ini sesuai judul materinya: “HOW TO MAKE YOUR BRAND PROFITABLE WHILE YOU ARE SLEEPING.” 

Branding menjadi poin pertama. Dengan memanfaatkan logo, warna, dll, sebuah bisnis bisa membangun citra atau persona unik. Dengan begitu akan mudah dikenali. 

Kemudian, poin berikutnya adalah website sebagai presntasi resmi bisnis bersangkutan. Dengan website, pelaku bisnis bisa memberikan informasi lebih detil yang sulit dimunculkan di media sosial secara konsisten. Termasuk juga memanfaatkan teknik SEO dalam implementasi website

Media sosial sendiri perlu penanganan khusus. Jadi tidak sekedar rajin posting saja. Pelaku bisnis perlu menampilkan persona sesuai dengan brand mereka. Selain itu, pelaku bisnis juga bisa bekerja sama dengan para influencer untuk memperluas jangkauan. 

Workshop Digital Marketing dari ASUS Business ini pun ditutup dengan coffee break. Di sini para peserta tidak hanya bisa beramah tamah, tapi juga membangun networking di antara mereka. 

Rate this post